Menjadi Reasuransi Terpercaya, NUSANTARA Re Utamakan Servis Cepat dan Bottom-line yang Baik
Kamis, 20 November 2025 | 13:44 WIB
Doc, istimewa
Nusantara Re tidak mempersoalkan atau mengubah top line (total pendapatan) atau penghasilan bruto perusahaan. Akan tetapi selalu melakukan underwriting yang prudent, melalui proses penilaian risiko yang cermat dan hati-hati. Ini adalah tanda “bottom-line yang baik” karena premi yang dikumpulkan melebihi jumlah klaim dan biaya operasional.
Hasilnya terbukti ampuh. Bottom line Nusantara Re selalu beranjak naik sejak berdiri hingga sekarang ini memasuki usia delapan tahun. Namun, kendala kemudian akan muncul ketika muncul praktik persaingan harga yang tidak sehat. Misalnya, perusahaan asuransi lain menurunkan grade.
“Memasuki usia delapan tahun Nusantara Re, saya kira berjalan oke dan on the track,” kata Eka Priadi Wongso, Presiden Direktur Nusantara Re kepada TrustNews.
Dari sisi sinergi, sebagai reasuransi lokal, Nusantara Re membantu meningkatkan kapasitas asuransi domestik. Melalui partisipasi aktif, Nusantara Re terus memperkuat sinergi, memperluas kola- dan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri asuransi nasional. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah dan OJK untuk menahan lebih banyak pendapatan premi di dalam negeri.
“Kami bersinergi dengan perusahaan asuransi umum dan asuransi Jiwa di Indonesia. Kita mendukung mereka semua, kita juga support mereka punya treaty,” tutur Eka.
Adapun rencana bisnis ke depan, Nusantara Re tidak terlalu agresif, tetapi growth-nya harus di atas market rata-rata. Misalnya di 2026 ditargetkan sekitar 20%. Sementara target tahun ini sudah on the track. Sementara indikator keberhasilan Nusantara Re adalah teamwork yang solid dan mampu meniadakan klaim-klaim besar.
Berikutnya, pelayanan terutama dalam hal akseptasi bisnis yang harus cepat. Sebab asuransi bisa dikatakan bagus apabila proses klaim dan pembayaran klaimnya dengan cepat, sehingga kepercayaan publik atau perusahaan menjadi meningkat.
“Kita utamakan service. Kalau dokumen sudah lengkap, segera bayarkan klaim, tidak ada bedanya bayar sekarang, dua atau tiga bulan lagi. Malahan saya mendorong bagian klaim saya melakukan kunjungan ke asuransi-asuransi mitra yang ada klaim outstanding-nya. Dokumen yang belum lengkap, segera minta mereka apa yang kurang, kalau sudah lengkap kita bayar secepatnya,” pungkasnya. (TN)
BACA JUGA