BigBox Perkenalkan BigAssistant, Layanan Chatbot berbasis AI
Senin, 02 Juni 2025 | 10:24 WIB

Dok, Istimewa
BigAssistant adalah solusi chatbot berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk meningkatkan interaksi antara bisnis dan pelanggan dengan memanfaatkan teknologi Generative AI dan Natural Language Processing (NLP). BigAssistant memanfaatkan dua teknologi ini untuk memberikan respons cerdas dan personal dalam berbagai konteks layanan.
Teknologi berbasis NLP mampu mengenali maksud percakapan dan memberikan jawaban yang relevan secara tepat waktu. Dengan kemampuan interaksi multimodal, pengguna dapat berkomunikasi melalui teks maupun suara secara alami dan efisien. Selain itu, BigAssistant dapat terintegrasi langsung dengan sistem backend perusahaan untuk menyajikan informasi real-time seperti status pesanan, jadwal layanan, atau bantuan teknis. Tak kalah penting, fitur personalisasi memungkinkan sistem untuk mempelajari preferensi pengguna dari interaksi sebelumnya, guna menghadirkan layanan yang lebih sesuai dan responsif terhadap kebutuhan masing-masing individu.
Teknologi Canggih di Balik BigAssistant
BigAssistant memberikan berbagai manfaat nyata bagi dunia bisnis maupun pemerintahan, terutama dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Dengan kemampuan otomatisasi respons terhadap pertanyaan umum, teknologi ini mampu mengurangi beban kerja layanan pelanggan dan mempercepat proses penanganan permintaan. Layanan yang tersedia 24/7 dengan respons yang cepat dan akurat turut meningkatkan kepuasan pengguna secara signifikan. Selain itu, BigAssistant dirancang untuk dapat menangani volume interaksi yang tinggi tanpa mengorbankan kualitas, menjadikannya solusi yang sangat scalable. Teknologi ini juga menyediakan data dan wawasan dari setiap interaksi, sehingga membantu organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan strategis.
Saat ini, BigAssistant yang pada dasarnya merupakan chatbot berbasis AI, telah dimanfaatkan di berbagai sektor seperti layanan pelanggan, e-commerce, perbankan, dan layanan publik, mendukung terciptanya pelayanan yang lebih responsif, efisien, dan berbasis data.
“Di era digital saat ini, efisiensi operasional tidak lagi menjadi nilai tambah semata, melainkan kebutuhan strategis yang menentukan daya saing. BigAssistant hadir sebagai solusi inovatif yang dikembangkan oleh BigBox AI untuk menjawab tantangan tersebut. Dengan mengotomatisasi layanan dan mengintegrasikan akses terhadap data serta insight yang bernilai, BigAssistant memungkinkan perusahaan untuk beroperasi secara lebih gesit, responsif, dan personal. Lebih dari itu, teknologi ini membantu membangun fondasi pengambilan keputusan yang lebih cerdas,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
Dapatkan informasi lebih mendalam mengenai perkembangan dan layanan teknologi berbasis AI yang dimiliki Telkom, di https://bigbox.ai/
BACA JUGA

Telkomsigma Perkuat Layanan Cloud dengan Data-Powered AI
Kamis, 17 Juli 2025 | 13:46 WIB
Telkomsigma Gandeng Alibaba Cloud Selenggarakan Event Women in Tech
Rabu, 16 Juli 2025 | 13:44 WIB
Telkom Packfest 2025 : 636 UKM Naik Kelas dengan Kemasan Lebih Menjual
Selasa, 15 Juli 2025 | 13:41 WIB
BigBox-AI Hadir Menjawab Tantangan Digitalisasi Layanan Keuangan
Kamis, 10 Juli 2025 | 13:37 WIB