Tirta Bahari Kota Tegal Optimalkan Pelayanan Air Bersih

Redaksi, trustnews.id
Kamis, 12 Desember 2024 | 10:30 WIB


Tirta Bahari Kota Tegal Optimalkan Pelayanan Air Bersih
Dok, Istimewa
TRUSTNEWS.ID,. - Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal, Hasan Suhandi, mengungkapkan optimisme tinggi terhadap pengembangan layanan air bersih di Kota Tegal. Berbagai berbagai program dan target strategis telah dirancang untuk memperluas cakupan pelayanan, meningkatkan efisiensi, serta mendorong kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satu upaya penting Perumda adalah pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dilakukan secara regional melalui PDAB (Perusahaan Daerah Air Bersih) serta pengolahan air dari Sungai Ketiwon dengan kapasitas 50 liter per detik. “Pengolahan air Sungai Ketiwon diharapkan dapat menambah pasokan air baku untuk pelanggan di Kota Tegal. Selain itu, adanya program DAK dari Kementerian PUPR untuk pemasangan 900 sambungan rumah (SR) pada tahun 2025 menjadi peluang besar dalam meningkatkan layanan,” ujar Hasan kepada Trustnews belum lama ini.

Perumda Air Minum Tirta Bahari telah menetapkan sejumlah target prioritas pada tahun 2025, di antaranya: Peremajaan pipa dan penggantian water meter berusia lebih dari lima tahun untuk menurunkan tingkat kehilangan air hingga 2%.Kemudian, menargetkan laba sebesar Rp10 miliar. Meningkatkan cakupan layanan menjadi 54% dan yang tidak kalah penting adalah ‘mendongkrak’ peningkatan rata-rata konsumsi air pelanggan menjadi 13,5%.

Untuk mewujudkan target tersebut, Hasan menekankan pentingnya dukungan Pemerintah Kota Tegal, terutama dalam hal regulasi dan kebijakan. “Meski dukungan Pemkot tahun 2024 tidak dalam bentuk dana penyertaan modal, support berupa pengesahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Bisnis (RENBIS) sangat membantu kami dalam merealisasikan program-program pelayanan air bersih,” katanya.

Perumda Air Minum Tirta Bahari berkomitmen untuk menjalankan visi sebagai perusahaan yang sehat, mandiri, dan berwawasan global dengan pelayanan maksimal. Perusahaan ini memadukan fungsi sosial untuk melayani masyarakat dengan fungsi bisnis yang bertujuan menghasilkan keuntungan.

“Kami ingin memberikan pelayanan air bersih yang memenuhi standar kualitas, kuantitas, dan kontinuitas, dengan tetap memperhatikan kemampuan ekonomi masyarakat. Selain itu, kami juga bertanggung jawab memberikan kontribusi terhadap PAD, mendukung otonomi daerah, serta menjaga kelestarian sumber daya air,” jelasnya. 

Misi perusahaan juga mencakup profesionalisasi sumber daya manusia, pengelolaan keuangan yang efisien dan efektif, serta pengembangan layanan berbasis kepuasan pelanggan. Perumda Air Minum Tirta Bahari optimistis mampu memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Kota Tegal. Dengan berbagai program strategis yang telah dirancang, perusahaan ini berharap dapat menjadi penyedia air minum yang unggul sekaligus mendorong pembangunan ekonomi daerah


BACA JUGA