Krakatau Pipe Industries Menuju Dominasi Pasar Pipa Dan Coating
Selasa, 12 November 2024 | 23:08 WIB
Dok, Istimewa
Pencapaian ini mengindikasikan peningkatan yang signifikan, dengan masing-masing kategori menunjukkan pertumbuhan 125% dan 109% dibandingkan tahun sebelumnya. Segmen penjualan pipa pancang mendominasi dengan kontribusi sebesar 62%, diikuti oleh pipa gas (29%), pipa air (5%), dan hilirisasi (3%). Dengan 62% dari total penjualannya berasal dari pipa pancang, perusahaan ini tidak hanya memenuhi kebutuhan infrastruktur, tetapi juga berperan penting dalam pembangunan berbagai proyek konstruksi di Indonesia.
Kenaikan ini sebagian besar didorong oleh meningkatnya tonase penjualan, terutama di segmen migas yang meningkat 2,2%, dan pipa pancang yang tumbuh 5,6%. Meskipun segmen pipa air mengalami penurunan sebesar 8,5%, performa keseluruhan menunjukkan bahwa Perseroan beradaptasi dengan dinamika pasar.
Realisasi revenue bulan September mencapai 174% dari tahun lalu, berkat penjualan tertinggi ke PT Krakatau Steel (Persero) Tbk untuk proyek CirebonSemarang tahap 2, dengan nilai mencapai Rp 95 miliar. Segmen penjualan pipa gas menyumbang 51%, diikuti oleh pipa pancang (46%) dan pipa air (3%).
Laba kotor dan laba bersih sampai dengan September 2024 mencapai 148% dan 243% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. EBITDA perusahaan sampai dengan September 2024 mencapai USD8,78 juta, melampaui pencapaian tahun lalu sebesar 124%.
Namun, total aset perusahaan tercatat mencapai USD146 juta, yang merupakan 92% dari tahun sebelumnya. Penurunan total aset ini dipengaruhi oleh komposisi persediaan yang lebih kecil (USD11 juta) dan utang usaha yang berkurang (USD14 juta), sementara laba yang diperoleh berhasil menambah ekuitas.
Rasio utang terhadap ekuitas (DER) juga menunjukkan perbaikan sebesar 23% dibandingkan tahun 2023, menandakan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Saldo kas perusahaan di bulan September mencapai USD4,16 juta, meningkat 23% dibandingkan saldo bulan Agustus.
Di Tengah situasi yang tidah mudah dalam 5 tahun terakhir, selain kondisi Covid19, fluktuasi pasar dan tantangan industri, perusahaan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan yang berkelanjutan tidak hanya mungkin tapi terbukti. Perseroan terus membukukan laba positif selain revenue yang bertumbuh. Hal ini tentu patut disyukuri dengan tetap melakukan upayaupaya maksimal, dan strategy korporasi yang tepat.
Upaya melakukan transformasi dari mayoritas pasar sebelumnya adalah segmen retail menjadi segmen project yang diikuti dengan perubahan strategi Operasi dari Make To Stock menjadi Make To Order, sehingga mampu mengefektifkan inventory dan working capital. Melakukan penguatan rantai pasok, menjadikan Perseroan yang merupakan bagian dari Krakatau Steel Group sebagai penyedia pipa baja dan pelapisannya secara terintegrasi. Sehingga Top of Mind dari pasar Project yang mengutamakan delivery time bisa terjamin dengan konsep penyedia pipa baja terintegrasi ini.
Upaya internal untuk terus melakukan efisiensi, inovasi proses, dan melengkapi kemampuan peralatan sehingga semakin menjamin Kualitas dan kompetitif dari sisi harga juga terus dilakukan. Bagaimana terus membangun kemitraan yang solid dan sinergi terutama denga sesama BUMN juga merupakan hal kunci yang dilakukan. Dengan langkah-langkah ini, Perseroan siap untuk menavigasi masa depan dan terus memperkuat posisinya di pasarnya.
BACA JUGA