Jembatan Terpanjang di Indonesia
Sabtu, 20 Juli 2019 | 10:11 WIB
Jembatan terpanjang di Indonesia
Jembatan Suramadu
Jembatan yang memiliki panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter ini diresmikan pada Juni 2009, menghubungkan antara wilayah Pulau Jawa dan Pulau Madura.
Dengan panjang hingga ribuan meter, Jembatan Suramadu tercatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.
Jembatan Suramadu menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Suramadu juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi luar jembatan. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian, yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.
Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati menghubungkan jalan Terusan Pasteur dengan Jalan Surapati dan melewati Cikapundung. Pasupati memiliki panjang sekitar 2.800 meter dan lebar 21.53 meter. Pembangunan Jembatan ini dilakukan sejak 1920-an. Namun, setelah beberapa tahun terbengkalai, baru pada Juni 2005 jembatan ini mulai digunakan.
Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah
Jembatan memiliki panjang 1.196 meter dan lebar 16.95 meter, terletak di Siak, Provinsi Riau, membentang di atas Sungai Siak dan menghubungkan Kabupaten Siak dan Kota Siak Sri Indrapura.
jembatan ini juga memiliki akses trotoar selebar 2,25 meter di kanan dan kiri jembatan. Pembangunan jembatan dimulai sejak tahun 2002 dan akhirnya mulai diresmikan pada 11 Agustus 2007.
Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih mempunyai panjang 1.140 meter yang terbagi ke dalam tiga bagian. Jembatan pendekat di Desa Poka 520 meter, di sisi Desa Galala 320 meter dan jembatan utama 300 meter. Sementara, lebarnya 22,5 meter. 5. Jembatan Ampera
Pembangunan jembatan ini dimulai sejak 17 Juli 2011 dan diresmikan pada 4 April 2016. Dengan adanya Jembatan Merah Putih, waktu tempuh dari Bandara Pattimura dengan pusat Kota Ambon menjadi lebih cepat.
Jembatan Ampera
Dengan panjang 1.117 meter dan lebar 22 meter, jembatan Ampera menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir yang terpisah oleh Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.
Pembangunan jembatan dimulai pada April 1962 dan diresmikan tahun 1965. Saat peresmian, jembatan ini bernama Jembatan Bung Karno. Namun, setelah pergolakan politik tahun 1966 diganti menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat).
Jembatan Barito
Jembatan Barito menghubungkan antara Banjarmasin menuju Palangkaraya, yang terbentang di atas Sungai Barito. Jembatan ini diresmikan pada 24 April 1997. Jembatan Barito juga dikenal dengan Jembatan Pulau Bakut yang merujuk pada nama pulau kecil di bawah jembatan ini. Jembatan Barito mempunyai panjang 1.082 meter dan lebar 10.37 meter. Selain itu, memiliki ketinggian ruang bebas di bawah jembatan antara 15-18 meter. (TN)
BACA JUGA